Bagian-bagian template pada blog/blogspot

Saya bukanlah seorang ahli dalam hal mendesain template, tapi saya hanya ingin berbagi kepada sobat yang masih bingung ksususnya pemula tentang bagaimana caranya mengedit template Blognya. 
Sebelum mengedit template sebaiknya sobat mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian/elemen yang ada pada template itu sendiri. Coba sobat perhatikan gambar di bawah.


Gambar di atas merupakan bagian-bagian/elemen yang ada pada template.
Bagaimana...., sobat sudah faham sekarang?
Saya akan tambahkan sedikit keterangan tentang bagian-bagian yang ada pada template.

1. BODY :  Merupakan area keseluruhan atau bagian terluar. Biasanya pada bagian ini yang di edit adalah warna dan ukuran serta bentuk huruf yang di gunakan.
Cara mengeditnya silahkan buka edit html pada blog sobat lalu cari kode body

2. OUTER WRAPPER : Merupakan area yang didalamnya terdapat bagian Header, Main Wrapper, Post, Sidebar dan Footer, Pada bagian ini yang diedit biasanya adalah warna background, ukuran lebar/width, margin, pading dan border/garis.
Cara mengeditnya silahkan buka edit html pada blog sobat lalu cari kode outer-wrapper

3. HEADER : Merupakan area paling atas, di bagian ini kita akan menemukan judul blog/deskripsi dari suatu blog. Dan itu bisa berupa tulisan ataupun berupa gambar baner. Yang diedit pada bagian ini biasanya adalah warna background, ukuran lebar/width, ukuran tinggi/height, margin, pading dan border/garis serta ukuran/bentuk huruf judul blog.
Cara mengeditnya silahkan buka edit html pada blog sobat lalu cari kode header

4. MAIN WRAPPER : Merupakan area yang didalannya terdapat area post, date post, post footer, dan comment block. Pada bagian ini yang diedit biasanya adalah warna background, ukuran lebar/width, margin, pading dan border/garis.
Cara mengeditnya silahkan buka edit html pada blog sobat lalu cari kode  main-wrapper

5. POST : Merupakan area yang di dalamnya terdapat postingan. Pada bagian ini yang diedit biasanya adalah warna background, ukuran lebar/width, margin, pading, bentuk/ukuran huruf yang digunakan dan border/garis.
Cara mengeditnya silahkan buka edit html pada blog sobat lalu cari kode post

6. SIDEBAR : Merupakan area yang terdapat di samping kiri atau kanan bagian main wrapper. Pada area ini biasanya kita melihat daftar isi blog, iklan, pengikut, label ataupun widget tambahan lain seperti like button facebook, jam, buku tamu, widget jumlah pengunjung dan lain-lain. Yang di edit biasanya adalah warna background/huruf, ukuran lebar/width, margin, pading, bentuk/ukuran huruf yang digunakan dan border/garis.
Cara mengeditnya silahkan buka edit html pada blog sobat lalu cari kode sidebar

7. FOOTER : Merupakan area paling bawah dari blog, di situ kita jumpai tulisan copyright, situs pembuat template, dan nama pembuat template. Pada bagian ini yang diedit biasanya adalah warna background/huruf, ukuran lebar/width, ukuran tinggi/height, margin, pading, bentuk/ukuran huruf yang digunakan dan border/garis. 

Demikian keterangan singkat mengenai bagian-bagian template serta cara pengeditannya semoga bisa membatu sobat yang masih pemula. Jika ada hal yang belum sobat mengerti silahkan masukan dalam kotak komentar dan Insya Allah saya akan membantu. 

Post a Comment

umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin

1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Pastikan untuk klik "Berlangganan Lewat Email" untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Jika Anda memiliki masalah cek dulu komentar, mungkin Anda akan menemukan solusi di sana
4. Bila menyebarluaskan artikel ini harap cantumkan baclink nya

Bila anda senang dengan artikel ini silahkan Klick Disini atau berlangganan geratis Artikel dari blog ini. Pergunakan vasilitas diatas untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui komentar atau share sesuai dengan artikel diatas.

Previous Post Next Post