Sejarah Perkembangan Video Tape Recorder

Perekam Kaset Video atau VCR (Video Cassette Recorder) adalah peralatan elektronik yang bisa dipakai untuk merekam suara/ audio dan gambar/ video dalam suatu kaset pita magnetik yang bisa dimasukkan dan dikeluarkan dengan mudah seperti halnya pita kaset suara biasa (Audio Cassette Recorder atau Cassette Recorder).


Sejarah Perkembangan Video Tape Recorder
Charles Ginsburg memimpin penelitian di Ampex Corporation dalam mengembangkan perangkat perekam video/video tape recording (VTR) pertama. Pada 1951, video tape recorder (VTR) pertama, digunakan untuk menangkap gambar secara live dari kamera televisi dengan meng-convert informasi ke dalam sinyal elektrik dan menyimpannya ke dalam pita magnetik. Ampex menjual VTR pertama itu seharga $50.000 pada tahun 1956. VCassetteR atau VCR pertama baru dijual oleh Sony pada tahun 1971.
Sejarah Perkembangan Video Tape Recorder
Charles Ginsburg kembali memimpin tim peneliti di Ampex yang mengembangkan sebuah mesin baru yang mampu menjalankan pemutar video dengan rate yang lebih halus karena head perangkat tersebut dapat berputar dengan kecepatan tinggi, sehingga memungkinkan respons dengan frekuensi yang lebih baik. Selanjutnya, Charles Paulson Ginsburg mulai dikenal sebagai “father of the video cassette recorder“.

Video Recording

Pada awalnya, film merupakan satu-satunya media yang ada dalam perekaman gambar program televisi. Kemudian orang beralih pada pita magnetik, yang pada masa itu sudah digunakan dalam merekam suara dengan baik, dengan kapasitas lebih banyak informasi yang dapat disimpan, berkembanglah studi baru tentang perkembangan sinyal televisi. Pada 1950-an, sejumlah perusahaan Amerika memulai pengamatan mengenai masalah baru ini.

Perkembangan Kamera Televisi

1920-an, seorang insinyur Amerika, Philo Taylor Farnsworth menemukan kamera televisi, sebuah pemroses gambar, yang mengkonversikan gambar yang ditangkap menjadi sinyal elektronik.

Format VHS

VHS – Sebuah format videotape dengan bentuk kaset yang besar diperkenalkan oleh dua vendor besar,JVC dan Panasonic pada sekitar tahun 1976. Ini menjadi format yang paling populeruntuk penggunaan home video dan tersedia banyak di rumah rental, yang pada akhirnya tergantikan oleh kaset Mini DV dan kemudian VCD lalu DVD. VHS sendiri merupakan singkatan dari Video Home System.

Post a Comment

umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin

1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
2. Pastikan untuk klik "Berlangganan Lewat Email" untuk membangun kreatifitas blog ini
3. Jika Anda memiliki masalah cek dulu komentar, mungkin Anda akan menemukan solusi di sana
4. Bila menyebarluaskan artikel ini harap cantumkan baclink nya

Bila anda senang dengan artikel ini silahkan Klick Disini atau berlangganan geratis Artikel dari blog ini. Pergunakan vasilitas diatas untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui komentar atau share sesuai dengan artikel diatas.

Previous Post Next Post