Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink Gratis Ataupun Berbayar


Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink Gratis Ataupun Berbayar?

Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink Gratis Ataupun Berbayar?

Bagaimana cara mendapatkan backlink gratis atau backlink berbayar? Ini adalah tahap ke 4 dari 4 tahap SEO yang perlu anda ketahui. Backlink memang sesuatu yang paling sulit diperoleh untuk optimisasi SEO. Oleh karena itu juga backlink menjadi indikator yang paling utama dalam perhitungan peringkat hasil pencarian oleh semua search engine.

INI ADALAH MASALAH SANGAT PENTING DALAM SEO, HARAP DIBACA DENGAN SEKSAMA DAN TANYAKAN JIKA ADA KEBINGUNGAN

Saya pernah membaca sebuah artikel di mana seorang blogger disindir pelit oleh seorang pemula karena tidak mau berbagi backlinknya. Sebenarnya dalam sudut pandang saya untuk kasus ini yang salah adalah blogger pemula. Berbagi data backlink itu sama saja menggembosi blog sendiri.

Pemula ini bukannya berusaha mencari backlink malah berharap seorang webmaster mau membagi backlinknya dengan intimidasi kata "pelit". Jadi di sini saya hanya akan membagikan cara-cara yang bisa digunakan untuk mencari backlink. Tapi tetap saja akan ada usaha-usaha yang perlu saudara lakukan untuk mendapatkannya.

Selain itu saya harus memberitahu saudara bahwa semua metode untuk membangun backlink di luar cara-cara alami tergolong sebagai teknik seo yang tidak dibenarkan oleh Google. Melakukan teknik di bawah atau tidak adalah pilihan saudara sendiri. Ok, langsung saja kita bahas.

Faktor Penting Membangun Backlink

Ada beberapa faktor yang harus saudara perhatikan dalam membangun backlink. Faktor-faktor tersebut antara lain:
  • Backlink itu harus Dofollow. Kalau bingung tentang dofollow, 
  • Backlink itu sebaiknya bersifat one way (Jangan tukaran link)
  • Kata kunci backlink itu harus bervariasi (setidaknya 5 variasi)
  • Pertambahannya harus cenderung konsisten. Lebih baik 100 backlink per hari selama 100 hari, daripada 10000 backlink sekaligus dalam sehari.
  • Backlink itu sebaiknya 90% menuju homepage dan 10% diarahkan ke artikel-artikel terpenting dalam blog kita.
  • 10 backlink dari halaman PR2 lebih baik dari satu backlink halaman PR4. Walaupun PR yang diteruskan bisa jadi lebih besar tapi jumlah voting teks jangkarnya sangat sedikit. Padahal voting teks jangkar ini yang membantu spesifikasi kata kunci suatu halaman web.
  • Tidak usah fokus memburu backlink berkualitas tinggi, backlink kualitas biasa juga bisa membantu asal banyak dan dofollow tentunya.

      Metode Mendapatkan Backlink Gratis

      Ada banyak cara yang bisa saudara gunakan untuk mendapat backlink secara gratis. Tapi kalau semua teknik itu mau dibagikan, maka bisa jadi artikel ini justru akan membuat para blogger pemula menjadi pening. Jadi saya akan memberikan yang cukup dasar saja (ini saja pasti ada yang pening). Beberapa cara mendapatkan backlink gratis adalah:
      • Komentar di blog Dofollow mana saja
      • Membangun dummy blog dari website 2.0
      • Komentar di forum dofollow mana saja
      • Posting di Social Bookmark Dofollow
      Mari kita bahas satu per satu....

      Mendapat backlink dari Komentar di blog Dofollow

      Mendapat backlink dari Komentar di blog Dofollow
      Ini saya taruh di bagian pertama, karena ini yang paling praktis. Anda hanya perlu mencari blog dofollow untuk berkomentar. Biasanya anda bisa googling untuk mendapatkan daftar blog yang dofollow. Blog ini ada yang memakai domain gratis ada pula yang berbayar. Bahkan yang memakai domain .edu atau .gov juga ada. Tapi yang menjadi masalah adalah sudah banyak blog ini yang berubah kembali ke nofollow karena kesal dengan kelakuan orang yang berkomentar basa-basi hanya untuk mendapatkan backlink.

      YANG PERLU ANDA LAKUKAN:
      Silahkan Googling kata kunci Daftar Blog Dofollow untuk mendapatkan blog yang menghidangkan beberapa blog dofollow. Kunjungi blog-blog tersebut dan mulailah berkomentar. Pastikan anda menggunakan kata kunci blog sebagai NAMA saat berkomentar. Ini adalah metode paling dasar dalam mencari backlink.

      KELEMAHAN METODE INI:
      Perlu anda ketahui bahwa daftar backlink dofollow gratis yang ditawarkan blog-blog ini menurut perhitungan saya, rata-rata saat ini hanya 30% saja yang masih dofollow. Jadi kemungkinan 70% komentar anda akan berakhir sebagai komentar nofollow (no value ... no link juice).

      Jadi sebagai pemula anda memang harus menghabiskan waktu untuk memilah yang mana yang dofollow dan yang mana yang nofollow. Apakah itu sulit dan repot? Tentu, tapi itu akan membantu anda sepenuhnya memahami kenapa blogger lain tidak mau membagi daftar backlinknya begitu saja kepada orang lain.

      jangan naif mencari backlink
      I was so naive
      Pernahkah anda membaca judul artikel atau posting di forum yang bernada seperti ini "1 juta backlink gratis dari blog dan forum"? Jelas para pemula akan langsung bersorak "Hore! Dapat backlink banyak gratis". Slow down my friends! Saya sudah sering mendapat postingan seperti ini, dan faktanya ternyata hampir semuanya adalah link nofollow.
      banyak webmaster yang membohongi pemula
      Terlebih lagi biasa ada embel-embel bahwa blog itu Pagerank 5 ke atas. Faktanya hanya homepagenya saja yang punya PR tinggi, sedangkan halamannya belum tentu....padahal yang memberi poin adalah halaman artikel. Cukup kesal juga dengan webmaster yang seperti ini, yang memanfaatkan ketidaktahuan para pemula untuk membangkitkan traffic ke blognya. Akibatnya banyak sekali pemula yang membuang-buang waktu untuk memasang backlink-backlink nofollow yang nyaris tidak membantu apapun.

      Membangun Backlink Dari Dummy Blog

      Gunakan blog 2.0 untuk membuat backlink
      Dummy blog adalah blog buatan sendiri yang kita pasangkan link menuju blog komersil kita.  Tentunya blog-blog ini harus juga terindeks agar bisa mengantarkan Googlebot menuju blog kita. Banyak sekali pelaku kontes SEO yang melakukan ini, walaupun sebenarnya cara ini agak berat dan menyita banyak waktu. Saya sendiri tidak pernah melakukan metode ini, karena sejak metode ini booming saya sudah terlanjur sibuk dengan pekerjaan. Jadi jika anda adalah blogger yang juga hanya punya sedikit waktu luang.... metode ini mungkin akan sangat berat.

      YANG PERLU ANDA LAKUKAN:
      Buatlah sekitar 10-50 blog bayangan, anda bisa menggunakan fasilitas blog gratis ataupun web 2.0 lainnya. Beberapa website yang tentunya bisa anda gunakan adalah blogger, wordpress, weebly, page4.me, livejournal, blogetery, blogsome, edublogs, blog.com, tumblr, Yahoo Plus, Typepad, dan masih banyak lagi. Setelah blog ini jadi, setidaknya pasangkan 10 artikel pada masing-masing blog. Terakhir, pasangkan link menuju blog komersil saudara pada sidebar masing-masing dummy blog.

      Carikan setidaknya 50 backlink untuk masing-masing dummy blog. Backlink ini bisa berasal dari link-link blog dofollow yang sudah di bahas di atas. Setelah itu jika anda masih mampu pasangkan link yang menghubungkan semua blog dummy ini seperti rantai. Blog 1 ke blog 2, blog 2 ke blog 3, ... dan seterusnya. Para blogger biasa menyebut ini sebagai linkwheel.

      KELEMAHAN METODE INI:
      capek mencari backlink
      Sudah pasti pada tingkat kerepotan yang ditimbulkannya. Bukan hal mudah mendaftar untuk 50 blog ditambah lagi mengadakan pengaturan untuk semuanya. Anda pun masih harus memposting hingga 10 artikel per blog.... Untuk yang satu ini banyak yang melakukan copy paste tulisan orang lain. Memang ini bukan perbuatan yang baik, tapi metode ini memang menuntut kerepotan yang luar biasa jika harus ketik artikel sendiri.

      Tingkat kerepotan mencapai puncaknya saat anda harus memasang 50 backlink per blog dan melakukan link antar dummy blog anda. Banyak yang percaya bahwa metode ini banyak membantu blog mereka. Saya juga percaya itu cukup masuk akal.... hanya saja saya jauh lebih percaya metode ini terlalu merepotkan.

      Mencari Backlink Dari Forum Dofollow

      Forum Online pun banyak yang mengizinkan link outboundnya bersifat dofollow. Jadi ini bisa menjadi salah satu tambang backlink untuk saudara coba. Kelebihan metode ini adalah link dofollow berasal dari domain yang reputasinya selangit. Jadi kalau anda tertarik dengan metode ini bisa coba melakukan cara di bawah ini.

      YANG PERLU ANDA LAKUKAN:
      pertimbangkan forum untuk menanam link
      Anda perlu MENDAFTAR ke berbagai forum Dofollow. Forum ini ada yang domestik (Indonesia) dan ada yang internasional. Kalau saudara jago bahasa Inggris itu akan bagus sekali. Setelah melakukan PENDAFTARAN dan KONFIRMASI, saudara bisa segera memulai untuk posting di berbagai thread. Pada saat posting inilah saudara bisa meninggalkan link di dalam postingan anda. Berikut ini adalah beberapa forum Indonesia yang bisa anda coba:

      http://forum.kompas.com/
      http://forum.detik.com/
      http://forum.chip.co.id/
      http://forum.antaranews.com/
      http://www.rumah123.com/forum/
      http://forum.hon.co.id/
      http://forum.vibizportal.com/
      http://www.videogamesindonesia.com/forum/
      http://forum.tempo.co/

      KELEMAHAN METODE INI:
      Admin bisa keras
      Kebanyakan forum memberi anda syarat posting minimal sebelum bisa meninggalkan backlink. Seandainya syaratnya adalah minimal 15 posting dan anda ingin aktif di 10 forum, itu berarti ada harus posting 150 komentar tanpa backlink.

      Selain itu beberapa forum merupakan forum komunitas dengan topik spesifik. Forum seperti ini diawasi oleh semua membernya. Jadi anda harus menguasai materi, karena jika tidak anda akan dicacimaki member lain. Bahkan beberapa forum akan membanned anda jika dipandang tidak memberi masukan yang baik. Jadi untuk aktif di banyak forum anda dituntut mempunyai wawasan yang cukup luas.

      Mendapatkan backlink dari social bookmark Dofollow

      Social Bookmark adalah website yang bisa anda gunakan untuk mempublikasikan tulisan-tulisan di blog anda. Beberapa situs social bookmark memberikan backlink dofollow ke blog yang memasang artikel di websitenya. Nilai plus dari situs seperti ini selain membantu anda mendapatkan backlink juga bisa mendatangkan traffic yang melimpah.

      YANG PERLU ANDA LAKUKAN:
      social bookmark
      Buatlah akun member di berbagai social bookmark yang dofollow. Setelah itu mulailah untuk memposting artikel saudara pada situs-situs social bookmark tersebut. Perhatikan dua hal penting sebelum melakukan posting.
      1. Gunakan judul yang paling provokatif yang anda bisa, tidak perlu sama dengan judul artikel asli anda, karena kita tidak sedang main SEO di situs-situs ini.
      2. Buat ringkasan deskripsi yang berbeda dari yang ada di blog anda agar mengurangi efek duplikat konten.
      Berikut adalah beberapa situs social bookmark yang saya rekomendasikan:
      http://qaafe.com
      http://www.beritague.com
      http://populerkan.com/
      http://debuk.com/
      http://bookmarkindonesia.com
      http://www.bagiurl.com/


      KELEMAHAN METODE INI:
      Saya rasa tidak terlalu banyak kelemahan, hanya saja masih sedikit situs social bookmark yang dofollow. Selain itu proses login dan posting bookmark bisa jadi sedikit lebih merepotkan daripada komentar di blog. Jadi untuk saat ini metode social bookmark ini hanya sebagai pembantu program backlink kita dan belum sebagai sumber utama.

      Sekilas Info:
      Metode yang perlahan-lahan menjadi trend adalah mendapat pagerank melalui microblogging. Tapi belum akan saya bahas, karena sepertinya beberapa microblogging mulai menyadari ini dan mulai melakukan antisipasi. Jadi saya masih menunggu perkembangan dulu

      Metode Mendapatkan Backlink Berbayar

      Di sini juga saya akan mengulas cara mendapatkan backlink dengan cara berbayar. Entah itu budget minim ataupun budget besar. Yang saya bahas di sini merupakan hasil masukan dari pembaca artikel optimisasi offpage, plus hasil dari tanya jawab saya di beberapa forum. Ok, langsung saja:

      Kalau anda malas berburu backlink, bisa beli daftar URL dofollow berikut:

      Di sini penawaran termurah saya dapat dari rekan blogger Eva. Penawarannya adalah daftar 15.000 lebih URL dofollow dengan harga Rp.150.000. Hasil survey 20 November 2012, daftar ini 100% Dofollow. Dibuka untuk penawaran sangat terbatas.

      Kelemahan penawaran blogger Eva:
      • Karena harganya yang sangat murah, anda cuma mendapatkan daftar URL Dofollownya, sedangkan untuk pemasangannya silahkan berkomentar sendiri pada URL-URL yang diberikan.
      • Penawarannya terbatas sekali....
      Keuntungan penawaran blogger Eva:
      • Anda bisa menghemat biaya dan waktu online berbulan-bulan
      • Tidak perlu repot melakukan pemilahan dofollow dan nofollow
      • Tidak ada batasan variasi keyword yang boleh anda optimisasi
      • Beberapa halaman ternyata ber-PR 1-2, bahkan ada beberapa yang PR3
      Jadi jika budget anda terbatas dan tidak mahir berburu backlink, maka saudara bisa mencoba penawaran ini. Silahkan menuju blog bersangkutan, buka BLOG BACKLINK TERMURAH .

      Malas berburu backlink dan malas pasang komentar?

      Tentunya saudara bisa menggunakan jasa-jasa SEO untuk yang satu ini. Syarat utama memilih jasa SEO adalah PR websitenya harus bagus, dan alexanya setidaknya harus di atas 400.000. Jasa SEO yang memenuhi kriteria ini adalah paketseo.com dan dewaseo.com.

      Kelemahan metode ini:
      • Jumlah kata kunci yang bisa dioptimisasi sangat terbatas, maksimal 3 per pesanan
      • Blog anda haruslah blog yang komersil, karena tentunya anda menginginkan penghasilan setelah hasil SEO tercapai. Jika tidak anda tidak akan pernah balik modal.
      • Biaya bisa jadi sangat mahal, antara 1,5 juta hingga 6 juta, tergantung seberapa berat kata kunci yang anda inginkan.
      • Anda tidak pernah terlatih untuk melakukan SEO, jadi jika anda salah menembak kata kunci dan butuh menembak ulang tentu harus bayar lagi.
      Keuntungan metode ini
      Anda bisa duduk santai dan menunggu hasil. Lewatkan semua proses yang melelahkan. Tapi kalau saya boleh memberi masukan, mintalah jasa traffic dan bukan jasa SEO. Karena jasa traffic pasti harus menarget keyword yang mendatangkan traffic (tentu masalahnya ada di biaya yang lebih mahal lagi).

      Mungkin itu saja pembahasan saya seputar bagaimana cara mendapatkan backlink, baik yang gratis, atau yang murah meriah (Rp.50.000) atau bahkan yang Premium (1 juta lebih). Mudah-mudahan membantu saudara-saudara yang baru mulai mengenal dunia blogging.

      Sumber 

      Post a Comment

      umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin

      1. Komentar SPAM akan dihapus segera setelah saya review
      2. Pastikan untuk klik "Berlangganan Lewat Email" untuk membangun kreatifitas blog ini
      3. Jika Anda memiliki masalah cek dulu komentar, mungkin Anda akan menemukan solusi di sana
      4. Bila menyebarluaskan artikel ini harap cantumkan baclink nya

      Bila anda senang dengan artikel ini silahkan Klick Disini atau berlangganan geratis Artikel dari blog ini. Pergunakan vasilitas diatas untuk mempermudah anda. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui komentar atau share sesuai dengan artikel diatas.

      Previous Post Next Post